Siapa Shin Tae-yong?

Shin Tae-yong adalah legenda sepak bola Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia. Lahir di Yeongdeok, Korea Selatan, pada 11 Oktober 1970, Shin Tae-yong memiliki karir gemilang sebagai pemain dan pelatih.

Karir Sebagai Pemain

Shin Tae-yong memulai karir profesionalnya di Seongnam Ilhwa Chunma pada tahun 1992. Dia bermain di klub ini selama 12 tahun, memenangkan 7 gelar K-League, 6 Piala FA Korea, dan 4 Piala Liga Korea. Dia juga menjadi pemain kunci tim nasional Korea Selatan, tampil di Piala Dunia FIFA 1998 dan Olimpiade Musim Panas 1996.

Karir Sebagai Pelatih

Setelah pensiun sebagai pemain, Shin Tae-yong beralih ke dunia kepelatihan. Dia memulai karirnya sebagai asisten pelatih Seongnam Ilhwa Chunma pada tahun 2005. Dia kemudian menjadi pelatih kepala klub ini pada tahun 2009 dan membawa tim meraih gelar K-League 2010.

Shin Tae-yong kemudian melatih tim nasional U-23 Korea Selatan dan tim nasional senior. Dia memimpin tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia FIFA 2018, di mana mereka lolos ke babak 16 besar.

Melatih Timnas Indonesia

Pada tahun 2019, Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Indonesia. Dia memiliki misi berat untuk membawa tim ini kembali ke kejayaan. Di bawah asuhannya, timnas Indonesia menunjukkan performa yang menjanjikan, dengan lolos ke final Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021.

Gaya Melatih

Shin Tae-yong dikenal dengan gaya melatihnya yang disiplin dan keras. Dia menekankan pentingnya kerja keras, dedikasi, dan kerjasama tim. Dia juga dikenal sebagai pelatih yang berani mengambil risiko dan mencoba strategi baru.

Jalan Terjal Perpanjangan Kontrak

Perjalanan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong tidaklah mudah. Awalnya, PSSI memberikan dua target kepada Shin Tae-yong untuk mendapatkan perpanjangan kontrak hingga 2027, yaitu membawa timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023 dan membawa timnas U-23 Indonesia lolos 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong berhasil memenuhi target pertama dengan membawa timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Namun, timnas U-23 Indonesia hanya lolos hingga semifinal Piala Asia U-23 2024. Hal ini sempat membuat perpanjangan kontrak Shin Tae-yong tertunda.

Namun, PSSI tetap yakin dengan kemampuan Shin Tae-yong dan memberikannya perpanjangan kontrak. PSSI percaya bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih yang tepat untuk membawa timnas Indonesia meraih prestasi di masa depan.

Kontrak Baru Shin Tae-yong Masih Abu-abu, PSSI Siap Lepas sang Pelatih ke Korea Selatan

Masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia masih diselimuti ketidakpastian. Kontraknya yang akan berakhir pada Juni 2024 memicu spekulasi tentang masa depannya.

PSSI telah menawarkan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong hingga 2027. Tawaran ini menunjukkan keinginan PSSI untuk mempertahankan sang pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun, Shin Tae-yong belum menandatangani kontrak baru tersebut. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan dan kekhawatiran di kalangan pecinta sepak bola Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa PSSI tidak akan menghalangi jika Shin Tae-yong ingin kembali melatih Timnas Korea Selatan.

“Kalau pun dari Korea Selatan menginginkan Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” kata Erick Thohir, seperti dikutip dari Antara.

Erick Thohir menegaskan bahwa PSSI membutuhkan pelatih berstandar dunia.

“Kami perlu punya pelatih standar dunia,” ujarnya.

Meskipun demikian, Erick Thohir yakin bahwa Shin Tae-yong memahami bahwa tanpa dukungan PSSI dan kualitas pemain yang mumpuni, Timnas Indonesia tidak akan mencapai kemajuan seperti saat ini.

“Tapi saya yakin Shin Tae-yong tahu bahwa tanpa dukungan PSSI, tanpa kualitas pemain, tidak mungkin kita (Indonesia) sampai di sini,” imbuhnya.

Netizen pun ramai-ramai memberikan komentar di media sosial Shin Tae-yong. Banyak yang berharap agar Shin Tae-yong tetap melatih Timnas Indonesia.

“Tetap di sini coach STY. Jangan tinggalkan kami,” tulis salah satu netizen di akun Instagram Shin Tae-yong.

Hingga saat ini, belum ada kepastian kapan Shin Tae-yong akan menandatangani kontrak baru. PSSI berharap Shin Tae-yong bisa segera mengambil keputusan.

Masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia masih abu-abu. Keputusan Shin Tae-yong akan sangat menentukan arah timnas ke depannya.

Penutup

Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, masih belum menandatangani perpanjangan kontrak yang ditawarkan PSSI hingga 2027. Kontraknya akan habis pada Juni 2024.

PSSI berharap Shin Tae-yong tetap melatih Timnas Indonesia, namun Shin Tae-yong belum memberikan keputusannya. Ada spekulasi bahwa dia ingin kembali melatih Timnas Korea Selatan.

Trending